Mempersiapkan Kabel UTP untuk Penghubungan pada LAN

on Senin, 26 Agustus 2013

Mempersiapkan Kabel UTP untuk Penghubungan pada LAN
Halo sobat, posting lalu saya membahas Cara Membuat Jaringan LAN dengan Topologi Star. Nah, sebelum membuat jaringan komputer jenis LAN, tentunya kita memerlukan kabel untuk menghubungkan antar perangkat komputer dan perangkat lainya. Kabel untuk menghubungkan jaringan jenis LAN ini disebut kabel UTP yang setiap ujungnya diberi konektor RJ-45. Kali ini saya akan membahas aturan pembuatan kabel LAN dalam artikel Mempersiapkan Kabel UTP untuk Penghubungan pada LAN.
Berikut adalah alat dan bahan yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan Kabel LAN.

Kabel UTP
Kabel UTP

Konektor RJ-45
Konektor RJ-45

Crimping Tools
Crimping Tools

LAN Tester
LAN Tester

1. Dalam memulai pembuatan kabel untuk sambungan pada LAN, pertama persiapkan kabel UTP dengan panjang jangan melebihi 100 meter. Karena jika lebih, maka sharing data atau sumber daya akan menjadi lambat.
2. Dengan menggunakan crimping tools, kupas kulit kabel pada kedua ujungnya. Panjang kulit kabel yang dikupas jangan melebihi bagian penguat kabel UTP dengan konektor RJ-45, hal ini agar kabel UTP dan konektor dapat terkunci dengan kuat. Akan terlihat 8 kabel kecil didalamnya dengan warna yang berbeda, kabel ini tidak perlu dikupas.
3. 8 kabel kecil dengan warna yang berbeda ini perlu dirutkan. Ada 2 jenis pengurutkan kabel UTP, ingat pengurutan dimulai dari kiri.
  • T568A : Hijau-putih, hijau, jingga-putih, biru, biru-putih, jingga, coklat-putih, coklat.
  • T568B : Jingga-putih, jingga, hijau-putih, biru, biru-putih, hijau, coklat-putih, coklat.
2 jenis pengurutkan kabel UTP
4. Setelah dirutkan, ratakan kedelapan kebel ini dengan cara memotongnya menggunakan crimping Tools.

Memotong Kabel UTP
Memotong Kabel UTP

Hasil Pemotongan kabel UTP
Hasil Pemotongan kabel UTP

4. Setelah pengurutan kabel selesai dan telah diratakan, masukan kabel pada konektor RJ-45. Posisi konektor yang terdapat tuas pengunci harus berada dibawah, dan bagian tembaga berada diatas. Kencangkan menggunakan crimping tools agar kabel dan  konektor terkunci dengan kuat.

Penghubungan Kabel dengan konektor
Penghubungan Kabel dengan konektor

Pengencangan Kabel dan konektor menggunakan crimping tools
Pengencangan Kabel dan konektor menggunakan crimping tools

5. Tentukanlah jenis kabel UTP (berdasarkan ujung-ujungnya). Ada dua jenis kabel UTP berdasarkan ujung-ujungnya:
  • Straight Through, yaitu kabel UTP untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda. Contohnya menghubungkan komputer dengan Switch. Ujung kabel ini terdiri dari pengurutan T568B ke pengurutan T568B.
    Straight Trough
    • Cross Over, yaitu kabel UTP untuk menghubungkan dua perangkat yang sama. Contohnya menghubungkan switch dengan switch. Ujung kabel ini terdiri dari pengurutan T568B ke pengurutan T568A.
    Cross Over

    6. Jika semuanya telah selesai, ujilah terlebih dahulu kabel UTP yang baru sobat buat dengan LAN Tester. LAN Tester ini terdiri dari dua bagian. Hubungkan ujung kebel pertama dengan bagian LAN Tester pertama, dan hubungkan ujung kebel kedua dengan bagian LAN Tester kedua.
    - Jika lampu pada LAN Tester menyala secara berurutan dari 1 sampai 8, maka jenis pengurutan adalah T568B. 
    - Jika lampu LAN tester menyala dari 3, 6, 1, 4, 5, 2, 7, 8, maka jenis pengurutan adalah T568A. 
    - Jika Lan Tester bagian pertama menunjukan T568B dan yang kedua menunjukan T568B, maka Jenis kabel UTP adalah Straight Through.
    - Jika Lan Tester bagian pertama menunjukan T568B dan yang kedua menunjukan T568A, maka Jenis kabel UTP adalah Cross Over.

    Pengujian LAN Tester
    Ranking: 5
     
    © Netter Indonesia All Rights Reserved
    Get smart with the Netter Indonesia