Cara Mengatur Panjang Cuplikan pada Widget Popular Posts

on Senin, 16 September 2013

Cara Mengatur Panjang Cuplikan pada Widget Popular Posts
Widget Popular Posts telah banyak kita jumpai dalam sebuah Blog. Widget ini bermanfaat dalam menampilkan artikel pada sebuah Blog yang paling banyak dibaca kepada pengunjung. Dengan banyak dibacanya sebuah artikel, maka kita bisa anggap artikel tersebut sedang tren dan banyak dibaca orang. Maka, dengan widget popular posts ini mungkin saja pengunjung dapat menemukan artikel yang kebetulan ia cari. Atau bahkan dapat menarik minat pengunjung untuk membaca artikel yang sedang populer pada sebuah Blog, karena penasaran dengan apa yang menyebabkan artikel tersebut banyak dibaca orang.
Blogspot telah menyediakan widget popular posts yang bisa kita tentukan pengaturanya. Kita bisa atur apakah akan menampilkan artikel yang paling banyak dibaca dalam 7 hari, paling banyak dibaca dalam 30 hari, atau paling banyak dibaca setiap saat. Kalau saya sendiri memilih tampilkan artikel yang paling banyak dibaca dalam 7 hari, agar artikel yang ditampilkan memungkinkan untuk berubah-ubah pada setiap minggunya. Sehingga pengunjung tidak akan merasa bosan dengan artikel yang ditampilkan pada widget Popular Posts.

Widget Popular Posts

Selain itu pada widget popular posts kita dapat mengatur jumlah entri yang ditampilkan, dan menambahkan thumbnail dan atau cuplikan. Thumbnail adalah gambar mini yang mewakili sebuah artikel, dan pada widget popular posts akan muncul jika memang terdapat gambar pada artikel tersebut. Sedangkan cuplikan adalah deskripsi singkat yang menjelaskan sebuah artikel. Nah, kali ini saya akan membahas salah satu permasalahan pada cuplikan popular posts ini, yaitu pada panjang atau jumlah huruf yang ditampilkan.

Jika kita memadukan antara thumbnail, cuplikan dan tentunya judul artikel pada widget popular posts, maka tampilanya akan begitu menarik, betul?
Perhatikan screenshot-nya berikut.

Widget Popular Posts

Memang kombinasinya bagus ya sob. Tapi apakah sobat memikirkan hal sama dengan saya? Kalau menurut saya cuplikan yang ditampilkan pada widget popular posts ini terlalu panjang. Panjang cuplikan yang melebihi tinggi thumbnail menyebabkan tampilan widget kurang rapi. Hingga saya ingin mengurangi panjang cuplikan yang ditampilkan. Sedangkan tidak ada tools untuk mengatur panjang cuplikan yang ditampilkan.

Tenang, ada cara lain untuk mengatur panjang cuplikan pada widget popular posts ini. Sobat punya keinginan seperti saya yaitu mengurangi panjang cuplikan, atau sobat malah ingin menambah panjang cuplikan ini? Bisa sekali, silakan simak cara-caranya.

1. Login ke akun Blogger sobat.
2. Masuk ke bagian Template dan klik Edit HTML.
3. Dengan tombol ctrl+F, silakan cari kode </body> dan masukan kode berikut di atas kode </body> tersebut.

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$('.popular-posts ul li .item-snippet').each(function(){
var txt=$(this).text().substr(0,50);
var j=txt.lastIndexOf(' ');
if(j>42)
$(this).text(txt.substr(0,j).replace(/[?,!\.-:;]*$/,'...'));
});
//]]>
</script>
Ubah kode berwarna merah dengan jumlah huruf yang akan ditampilkan pada cuplikan widget popular posts.

4. Klik Simpan.

Silakan perhatikan contoh hasilnya pada gambar di bawah ini.

Widget Popular Posts

Panjang cuplikan semakin pendek, tidak memakan ruang yang banyak, dan terlihat semakin rapih.
Ranking: 5
 
© Netter Indonesia All Rights Reserved
Get smart with the Netter Indonesia