Cara Membuat Password Reset Disk Sebelum Lupa Password di Windows 7

on Kamis, 24 Oktober 2013

Password Reset Disk

Cara Membuat Password Reset Disk Sebelum Lupa Password di Windows 7 - Demi keamanan Sistem Operasi khususnya Windows 7 pada komputer, sebagian orang menerapkan password agar tidak sembarang orang dapat masuk dan mengoperasikan komputer. Penerapan password ini sangat baik digunakan, apalagi jika pada komputer tersimpan data-data penting yang ingin kita lindungi dari orang-orang iseng dan tidak berilmu yang ingin membuka komputer kita.

Tentunya dalam penerapan password ini kita harus ingat betul dengan password yang kita buat, jangan sampai lupa. Karena urusanya akan repot jika kita melupakan password, malah kita sendiri yang tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows.

Ada salah satu cara untuk mengantisipasi masalah lupa password pada Windows 7 ini, yaitu dengan membuat Password Reset Disk. Password reset disk ini bagaikan kunci cadangan ketika kita kehilangan kunci utama. Password reset disk ini akan menghasilkan sebuah file dengan nama dan ekstensi userkey.psw yang menyimpan password yang saat itu sedang digunakan. Jadi password reset disk ini dapat digunakan nanti ketika kita mengalami dan mengatasi masalah lupa password pada windows 7. Dan sesuai namanya password reset disk bekerja dengan mereset atau membuat ulang password baru. Maka jika sobat merasa seorang yang pelupa, saya sarankan agar segera membuat password reset disk ini.

Untuk membuat password reset disk ini caranya sangat mudah, silakan disimak.

1. Masukan sebuah flashdisk pada komputer, karena password reset disk ini sepertinya hanya bisa dibuat menggunakan flashdisk.
2. Klik menu start atau windows.
3. Pada kotak pencarian  masukan kata kunci "password"
4. Terdapat daftar file dan pengaturan, pilih create a password reset disk.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

5. Akan muncul Forgotten Password Wizard dengan menampilkan ketentuan-ketentuan yang bisa sobat baca sendiri. Klik next.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

6. Pilih drive yang akan kita gunakan untuk menyimpan file password reset disk. Pilih saja flashdisk yang sebelumnya sobat telah persiapkan. Klik next.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

7. Masukan password yang saat itu sedang digunakan. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa kita adalah admin atau salah satu pada SO Windows dan untuk menyimpan password tersebut. Klik next.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

8. Proses pembuatan password reset disk pun mulai berjalan. Dan ketika selesai kita klik next.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

9. Setelah itu kita masuk ke tahap Completing The Forgotten Password Wizard yang menampilkan keterangan bahwa pembuatan password reset disk telah selesai. Maka klik Finish.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

10. Pada flashdisk yang kita gunakan akan terdapat file userkey.psw. Simpan baik-baik file tersebut pada storage device apa saja, namun ketika handak digunakan maka file tersebut harus terdapat pada sebuah flashdisk.

File userkey.psw Password Reset Disk

Nah, begitulah cara-cara pembuatan password reset disk ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Untuk cara penggunaanya mungkin akan saya bahas pada lain kesempatan. Sampai disitu tulisan yang dapat saya sharing kepada sahabat pembaca yang paling aku sayang. Mudah-mudahan di ulasan ini anda mengerti dengan apa yang saya jelaskan. Kalau ada waktu yang luang jangan lupa untuk membagikannya ke Media Sosial. Kalau mau di Copas silahkan, tapi dengan menyertakan link Sumbernya. Sampai ketemu di lain waktu.
Ranking: 5
 
© Netter Indonesia All Rights Reserved
Get smart with the Netter Indonesia