Cara Menghilangkan Tampilan Judul Widget Blog

on Rabu, 16 Oktober 2013

Menyembunyikan Tampilan Judul Widget Blog

Cara Menghilangkan Tampilan Judul Widget Blog - Judul pada sebuah widget sangat berguna untuk memperjelas isi atau kegunaan sebuah widget. Juga bermanfaat untuk menarik perhatian pengunjung pada sebuah widget. Contohnya pada widget yang berisi cuplikan mengenai kita sebagai penulis Blog, kita beri judul "About The Author" sehingga pengunjung mengerti bahwa widget tersebut berisi cuplikan mengenai kita sebagai penulis Blog. Atau pada widget Like Box Facebook, kita memberikan judul "Like Ya Sobat" sehingga pengunjung lebih tertarik untuk menjadi fans pada page Blog di Facebook milik kita.

Namun ada kalanya kita juga ingin memasang widget dengan tidak memberikan judul pada widget tersebut. Alasanya, entah karena sebuah widget sudah sangat jelas isi dan kegunaanya meski tidak diberi judul. Atau jika diberi judul, tampilan widget malah kurang baik. Atau alasan lain seperti pada sebuah iklan PPC tidak diberi judul agar pengunjung tidak menyadari keberadaan iklan PPC tersebut. Hal ini mudah saja diatasi, kita hanya perlu untuk tidak memasukan data atau tulisan pada form judul widget. Maka sebuah widget akan tampil tanpa disertai judul.

Judul Widget yang tidak diperlukan

Namun saya rasa banyak sekali kendala ketika kita memasang widget tanpa judul. Ketika kita memasang widget tanpa judul dalam jumlah yang agak banyak, maka kita akan sulit membedakan widget-widget tersebut saat melakukan pengeditan pada halaman Tata Letak, Blogger.

Widget-widget tanpa judul

Atau memang terdapat beberapa widget yang mengharuskan kita untuk memberikan judul, dengan kata lain kita tidak dapat memasang widget tanpa memberikan judul.

Judul widget harus diisi

Oleh karena itu saya akan bagikan cara lain untuk mengatasi masalah ini. Kita dapat memberikan judul pada sebuah widget tanpa menampilkan judul widget tersebut pada halaman Blog dengan cara menghilangkan atau menyembunyikan tampilan judul widget tersebut. Saya akan berikan 2 cara yaitu menghilangkan tampilan judul widget atau menyembunyikan tampilan judul widget. Silakan sobat pilih salah satu di antara 2 cara tersebut. Simak langkah-langkahnya:

1. Login ke akun Blogger.
2. Masuk ke bagian Tata Letak.
3. Sentuhkan kursor pada tulisan edit pada widget yang ingin sobat hilangkan judulnya. Hal ini dilakukan karena pertama kita harus mengetahui widget ID yang akan kita hilangkan judulnya.

Mengetahui widget ID
Dengan ini kita telah mengetahui widget ID sebuah widget yaitu "HTML4". Silakan sobat perhatikan pada bagian sudut kiri bawah monitor sobat, di situ salah satu tulisanya menampilkan widget ID.

4. Selanjutnya kita masuk ke bagian Template dan klik Edit HTML.
  • Menghilangkan Tampilan Judul Widget.
5. Dengan menggunakan tombol ctrl+F, cari ID widget yang telah sobat ketahui pada langkah 3. Jika kode-kode elemen widget belum teruraikan, klik pada bagian "titik-titik" diantara kode <b:widget> dan </b:widget>, serta bagian "titik-titik" diantara kode <b:includable> dan </b:includable>.

Menguraikan elemen widget

Maka akan muncul kode-kode seperti berikut tepat di bawahnya.

          <b:widget id='HTML4' locked='false' title='Judul Widget' type='HTML'>
            <b:includable id='main'>
  <!-- only display title if it's non-empty -->
  <b:if cond='data:title != &quot;&quot;'>
    <h2 class='title'><data:title/></h2>
  </b:if>

6. Hapuslah kode bercetak tebal dan berwarna merah seperti kode yang telah saya tandai di atas.
7. Klik Simpan Template, dan silakan lihat hasilnya.
Dengan ini kita telah menghilangkan tampilan judul widget.
  • Menyembunyikan Tampilan Judul Widget.
5. Dengan menggunakan tombol ctrl+F, carilah kode ]]></b:skin> dan letakan kode berikut di atas kode ]]></b:skin>.

#HTML4 .title, #HTML6 .title, #HTML9 .title {display:none}

6. Ubahlah kode bercetak tebal dan berwarna merah dengan widget ID-widget ID yang ingin sobat sembunyikan judulnya. Sobat bisa menambah atau mengurangi jumlah widget yang ingin disembunyikan judulnya dengan menambah atau mengurangi kode #WidgetID .title .
7. Klik Simpan Template, dan silakan lihat hasilnya.
Dengan ini kita telah menyembunyikan tampilan judul widget.

Nah, dengan Menghilangkan atau Menyembunyikan Tampilan Judul Widget yang kita rasa tidak perlu ditampilkan, maka tampilan Blog kita akan terlihat lebih baik dan rapih.

Judul widget telah dihilangkan atau disembunyikan

Selain telah berhasil Menghilangkan atau Menyembunyikan Judul Widget dengan hasil tampilan yang baik, kita juga tidak akan bingung membedakan widget-widget saat melakukan pengeditan pada halaman Tata Letak Blogger, karena pada halaman tersebut judul-judul widget tidak hilang.

widget dengan judul

Sampai disitu tulisan yang dapat saya sharing kepada sahabat pembaca yang paling aku sayang. Mudah-mudahan di ulasan ini anda mengerti dengan apa yang saya jelaskan. Kalau ada waktu yang luang jangan lupa untuk membagikannya ke Media Sosial. Kalau mau di Copas silahkan, tapi dengan menyertakan link Sumbernya. Sampai ketemu di lain waktu.
Ranking: 5
 
© Netter Indonesia All Rights Reserved
Get smart with the Netter Indonesia